Selamat datang di blog joey

Minggu, 11 November 2018

5 Jenis Online Shop yang Harus Anda Tahu


Online shop semakin banyak bermunculan saat ini. Gaya hidup belanja online memang semakin digemari oleh masyarakat sehingga menyebabkan semakin banyaknya fasilitas untuk berbelanja online. Hal ini memang menguntungkan bagi kita sebagai konsumen karena semakin mudah untuk membeli beragam jenis barang yang kita butuhkan.


Jaman sekarang, media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat terutama generasi milenial. Media sosial juga memiliki peran penting dalam perkembangan dunia jual beli online. Dengan adanya media sosial, para penjual semakin mudah memasarkan produknya. Konsumen juga tak perlu kesulitan lagi mencari toko online yang menjual produk yang sedang mereka butuhkan. 

Bisa dikatakan bahwa saat ini masyarakat jauh lebih suka berbelanja online daripada harus belanja secara langsung di toko-toko konvensional. Toko-toko online yang beredar di dunia maya terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan produk yang dijual dan konsep yang digunakan. Kali ini kita akan membahas jenis-jenis toko online yang saat ini ada di sekitar kita.

5 Jenis Toko Online
Belanja di toko online memang dirasa sangat menguntungkan karena praktis dan mudah. Hampir semua jenis produk bisa anda temukan di toko-toko online yang beredar di dunia maya. Mulai dari produk pakaian, elektronik, makanan, dan masih banyak lagi produk lainnya yang bisa anda beli secara online. 

Toko online bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut adalah 5 jenis online shop yang perlu anda tahu :

1.    Official Store
Official store merupakan jenis toko online utama artinya bukan merupakan reseller maupun dropshiper. Toko online ini menghadirkan produk mereka sendiri bahkan bisa memproduksi produk mereka sendiri. Jika anda ingin membeli produk original, sangat dianjurkan untuk berbelanja di official store.

2.    Reseller
Reseller merupakan toko online yang menjual kembali produk dari toko lainnya. Kualitas produk yang dijual tentu akan sama dengan produk yang dijual di toko utama. Harga produk bisa sama bisa juga lebih mahal daripada harga yang ditetapkan oleh toko utama.

3.    Jastip
Jastip merupakan singkatan dari jasa titip. Saat ini bisnis jastip sedang sangat populer di dunia jual beli online. Sesuai dengan namanya, toko online akan membuka layanan jasa titip beragam jenis produk bisa dari toko-toko di luar negeri maupun di dalam negeri. Biasanya produk yang dititipkan adalah produk yang sulit untuk didapatkan.

4.    Second Hand
Toko online second hand menjual produk-produk bekas. Tapi jangan salah, meskipun produk bekas namun kualitasnya masih sangat bagus. Biasanya barang bekas yang dijual seperti barang elektronik, tas bermerek, dan barang-barang lain yang harga barunya tergolong tinggi sehingga banyak diminati oleh masyarakat yang ingin membeli dengan harga lebih murah.

5.    Sharing Product
Toko online ini menjual produk-produk dengan konsep berbagi atau sharing. Biasanya produk yang dijual adalah produk skin care atau kosmetik yang harganya mahal. Produk tidak dijual dalam kemasan besar atau utuh melainkan sudah dibagi dalam kemasan-kemasan yang lebih kecil dan dijual dengan harga yang lebih murah.

Itulah tadi 5 jenis online shop yang perlu anda ketahui. Setiap online shop memiliki konsep dagang masing-masing dan produk yang dijual juga sangat bervariasi. Oleh karena itu, ketika ingin belanja online rajinlah mencari referensi online shop yang menjual produk sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika akan berbelanja online agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar